Shigeru Miyamoto si Penemu Nitendo

Kekurangan bukan hambatan, malah kekurangan tersebut dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencapai kesuksesan. Siapa yang tidak kenal permainan Super Mario, The Legend of Zelda, Donkey Kong dan masih banyak lagi ermainan yang pernah kita mainkan di masa kecil sekitar awal tahun 90an. Orang yang ada di belakang layar yang mewujudkan hal tersebut adalah Bapak dari permainan Nintendo, Shigeru Miyamoto.

Shigeru Miyamoto adalah seorang designer video game dan produser terkenal yang berasal dari Jepang, beliau terkenal dengan orang yang berada di belakang waralaba Mario, sebuah permainan video game waralaba paling sukses sepanjang masa. Sering kali beliau disebut dengan “bapak video game modern”. Beliau juga merupakan pencetus Nintendo DS dan Nintendo Wii yang telah membawa dunia permainan ke level baru dengan inovasi teknologi yang kini menjadi legenda.

Miyamoto lahir di Tokyo, Jepang. Saat kecil beliau nyaris tidak memiliki mainan sama sekali sehingga beliau membuatnya sendiri dari kayu dan benang. Beliau berhasil membuat boneka dan flip-book kartun. Beliau bermain seakan-akan ada dunia lain dibalik layar shoji di rumahnya yang berukuran tidak besar. Mereka tidak memiliki televisi, orangtuanya merupakan tipikal sederhana dan miskin.
Seiring beranjaknya usia, beliau sering menjelajah dengan bersepeda atau berjalan kaki. Ketika beliau berumur 7 atau 8 tahun beliau menemukan sebuah lubang di dalam tanah. Keesokan harinya beliau kembali dengan membawa lentera dan memasuki lubang tersebut dan menemukan dirinya memasuki sebuah gua. Beliau dapat melihat lorong – lorong yang mengarah ke ruangan lain. Selama musim panas, beliau tetap kembali ke gua tersebut untuk menikmati keajaiban berdansa dengan bayangan di dinding gua. Miyamoto pernah menyatakan bahwa pada saat beliau kecil beliau berharap memiliki penyakit yang tidak akan menyakitinya, atau mengancam hidupnya, akan tetapi dapat membuatnya berada di rumah sakit sepanjang hari, sehingga beliau dapat berkhayal.

Pada tahun 1976, Ayah Miyamoto mempertemukannya dengan Kepala dari Nintendo Jepang, Yamauchi. Miyamoto menunjukkan mainan buatannya termasuk 2 gantungan baju dari kayu untuk anak –anak dengan bentuk gajah dan gagak.

Miyamoto pada saat itu menjadi artis pertama Nintendo. Hasil terobosannya dapat dilihat pada permainan berjuudul radar Scoope yang gagal meledak di pasar Amerika, dan beliau diberikan tugas untuk membuat game baru dengan perangkat yang sama.

Permainan yang menjadi idenya adalah Donkey Kong. Idenya diambil dari permainan Popeye, tetapi Nintendo tidak berhasil mengamankan hak patennya, sehingga beliau menciptakan 1 set karakter baru. Sang pahlawan disebut Jumpman dan diubah namanya menjadi Mario, karena pemberontakannya terhadap sang tuan tanah. Tanpa dikira, permainan tersebut menjadi terkenal dan berlanjut menjadi permainan Super Mario, yang menjadi lebih terkenal lagi.

Beliau sering kali membayangkan permainan yang ia buat dengan imajinasi masa kecilnya yang melihat dunia seperti karnaval yang penuh keunikan, bahaya dan keuntungan yang tersembunyi. Miyamoto selalu berusaha untuk membuat ulang khayalan masa kecilnya, selain itu berdasar kepada pengalaman nyata yang dapat diaplikasikan ke dalam permainan.

Miyamoto dihormati bukan hanya karena kesuksesan secara komersil, akan tetapi juga karena keaslian permainan yang dibuat.

Satu hal yang belum berhasil beliau buat adalah sebuah perusahaan yang dimilikinya sendiri, melihat keberuntungan besar yang didapatkan jika memang hal tersebut terwujud.

Dia adalah seorang karyawan. Kartu nama Miyamoto bertitel Senior Marketing Director and General Manager of the EAD division dari Nintendo Company Ltd. Sebenarnya beliau adalah roh pembimbing dan wajah dari Nintendo itu sendiri. Miyamoto mengatakan bahwa pekerjaan utamanya di Nintendo adalah ningen kougaku, yang berarti rekayasa manusia. Dia sudah bekerja di Nintendo sejak tahun 1977 dan belum pernah pindah.

Miyamoto adalah sosok yang murah hati.Dibalik nilai dan status yang dimilikinya, beliau tidak pernah menerima gaji yang besar, dan mengendarai motor untuk bekerja setiap harinya (Nintendo memaksa beliau untuk menggunakan mobil melihat peran yang dimilikinya dalam perusahaan). Kebanyakan hobinya telah diterjemahkan menjadi property intelektual. Waralaba The Pikmin, Wii Sports, dan Wii Fit dibuat berdasar pada ketertarikan Miyamoto pada binatang peliharaan, berkebun, atletik, dan olahraga fisik.

Pada waktu luangnya Miyamoto juga bermain gitar dan banjo. Peliharaannya Anjing Shetland Sheep juga menginspirasinya untuk membuat permainan NintenDogs yang sangat terkenal.
Kini posisi Shigeru Miyamoto telahberkembang menjadi sorotan, beliau sudah disebut “Spielberg” dan “Walt Disney” video game. Beliau telah dianugerahi banyak penghargaan dan pujian. Mungkin tidak aka nada lagi contoh sekuat Miyamoto dalam pengaplikasian kehidupan sehari – hari ke dalam teknologi simulasi permainan.

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s