Perang Ketupat Tempilang

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

ImageImageImageSebagian dari kita mungkin banyak yang belum mengenal tradisi masyarakat desa tempilang Kabupaten Bangka barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung satu ini. Ya.. Perang Ketupat adalah perayaan pesta adat yang telah berlangsung sejak zaman nenek moyang masyarakat tempilang. Konon kabarnya kegiatan ini telah berlangsung sejak masyarakat belum mengenal adanya agama.Image

Sebetulnya kegiatan ini agak mistis. Pasalnya dalam kegiatan perayaan adat perang ketupat di tempilang ini diawali dengan prosesi pemanggilan roh “halus” oleh dukun kampung. Selai itu juga adanya pemberian sesajen kepada mahluk halus tersebut. Mereka didatangkan ke pinggir pantai pasir kuning kemudian disambut dengan pesta dan tarian adat. Katanya kegiatan ini merupakan tempat bertemunya roh halus laut dan darat. Image Puncak acara perayaan tersebut adalah perang ketupat. Kegiatan ini berupa adanya saling lempar ketupat diantara dua belah pihak. Yang mempresentasikan pertemuan diantara kedua belah pihak yang saling berbeda asal, yakni mahluk halus darat dengan mahluk halus dari  laut.

ImageImage

Image

3 responses to “Perang Ketupat Tempilang

  1. betapa indahnya suatu adat istiadat disuatu tempat atau daerah tertentu. Salah satunya yang ada di tanah Bumi Serumpun Sebalai yaitu “pesta adat perang ketupat di kampong Tempilang, Kabupaten Bangka Barat Propinsi Kep Bangka Belitung. Mari kita pertahankn adat istiadat yang sudah ada agar tak hilang ditelan zaman. “Tak kan hilang Melayu Di Dunia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s