Kepala BKKBN Usul Naikkan Tunjangan PLKB

JAKARTA, bkkbn online – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr dr Sugiri Syarief, MPA, mengusulkan tunjangan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dinaikkan menjadi Rp1 juta. Pasalnya saat ini tunjuangan bagi PLKB, baru berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp400 ribu per bulan.

“Saya mengusulkan ini karena penyuluh pertanian dan penyuluh kesehatan saja tunjangannya sudah sejak lama sebesar Rp1 juta. Jadi agar tidak menjadi kecemburuan sosial. Apalagi PLKB sangat penting bagi pelaksanaan program di daerah-daerah,” kata Sugiri,  dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi IX DPR RI, Kamis (6/6/12) lalu.

Selain itu, saat ini masih banyak daerah yang mengeluhkan kekurangan tenaga PLKB. Keluhan ini pun, turut menjadi perhatian Wakil Presiden RI, Budiono. Hal ini menurut wapres dikarenakan  setiap kunjungannya ke daerah, selalu mendapat keluhan dari daerah bahwa mereka kekurangan tenaga PLKB. Oleh karenanya, BKKBN tengah menginvetarisir dan memetakan kebutuhan PLKB, untuk mencarikan jalan keluarnya.

Dari data, jumlah PLKB saat ini baru  mencapai sekitar 24 ribu orang. Padahal idealnya, 1 PLKB menangani 2 desa. Sehingga seharusnya memerlukan sebanyak 35 ribu orang PLKB.

Saat ini masih kurang 11 ribu tenaga PLKB. “Masalah kekurangan PLKB sering terjadi di wilayah pemekaran atau kabupaten baru. Banyak PLKB jadi lurah, camat, dan posisi lainnya di pemerintah daerah, justru bukan yang membidangi KB,” kata Sugiri.

Sumber: bkkbn.go.id

2 responses to “Kepala BKKBN Usul Naikkan Tunjangan PLKB

  1. Untuk PKB Madya Rp. 500 ribu
    Untuk PKB Muda Rp. 440 ribu
    Untuk PKB Pertama Rp. 270 ribu (Masih mengacu pada Lampiran Peratiran Presiden Nomor 64 Tahun 2007 Tentang Tunjangan Jabatan Penyuluh Keluarga Berencana)

    Sementara utk PKB Penyelia Rp. 300 ribu
    PKB Pelaksana Lanjutan Rp. 265 ribu
    PKB Pelaksana Rp. 240 ribu
    PKB Pelaksana Pemua Rp. 220 ribu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s